CONTOH SILABUS UNTUK SD MATA PELAJARAN BACA TULIS ALQURAN BTQ
CONTOH SILABUS MATA PELAJARAN BTQ SD
Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Kunandar, 2011: 244).
Langkah-langkah pengembangan silabus (Trianto, 2010: 99):
- Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Mengkaji SK dan KD mata pelajaran sebagaimana tercantum pada Standar Isi.
- Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran. Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian KD.
- Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik dalam rangka pencapaian KD.
- Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi. Indikator merupakan penanda pencapaian KD. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
- Menentuan Jenis Penilaian. Penilaian pencapaian kompetensi dasar siswa dilakukan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dalam bentuk tertulis.
- Menentukan Alokasi Waktu. Penentuan alokasi waktu pada setiap KD didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu. Alokasi waktu merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai KD yang dibutuhkan oleh siswa yang beragam.
- Menentukan Sumber Belajar. Penentuan sumber belajar didasarkan pada SK dan KD serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
Manfaat Silabus
Silabus bermanfaat sebagai pedoman pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut, mulai dari perencanaan, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian.
Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, kaib rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kompetensi Dasar.
Silabus juga bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual. Demikian pula, silabus sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian.
SILABUS
Mata Pelajaran :Belajar Baca danTulisAl-Qur’an
Kelas/semester :III / Ganjil
Waktu : 3 X pertemuan
Standar
kompetensi : 1). Membaca hukum nun
sukun
Kompetensi Inti :
KI-1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
( iki di tambahi KI ya sebelum e kolom )
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER/
BAHAN
|
KARAKTER
|
1
|
1.1 Membaca
hukum bacaan iqlab
1.2 Menulis hukum bacaan iqlab
1.3 Menerapkan hukumbacaan iqlab dalam Al-Qur’an
|
Ø
Membaca Bacaan Iqlab dalam Al-Qur’an
Ø
Menulis hukum Bacaan iqlab dalam
Al-Qur’an
Ø Menghafal surah Pilihan
|
Ø
Membaca Bacaan Iqlab dalam Al-Qur’an
Ø Menulis Bacaan Iqlab dalam Al-Qur’an
Ø
Membaca Ayat Al-Qur’an Pilihan
Ø Menghafal surah Pilihan
|
Ø Mampu mengidentifikasi bacaan
iqlab dalam kalimat
Ø Mampumenulis hukum
bacaan iqlabdalam kalimat
Ø Mampu Menerapkan hukum bacaan iqlabdalam kalimat
Ø
Mampu Menerapkan hukum iqlab dalam kalimat
|
Ø
Teslisan
Ø
Testertulis,
|
1 X 45 menit
|
1. Sulasih-Abd. Rokhim. 2014. Belajar Baca danTulis Al-Qur’an. Jakarta: Erlangga.
2. Arwani, Ulin Nuha. 2004. Yanbu’a.
Kudus. Pp. Tahfiz Yanbua
3. Asyari, Abdullah. 1987. Pelajaran
Tajwid. Surabaya. Apolo
4. Humam, As’ad.1990. Iqra.
Yogyakarta. AMM
5. Mahdum bin Zain. 1384 H. Tuhfatus
Sibyan. Semarang. Toha Putra
6. Nur Hadi. 2009. Belajar Tajwid I dan 2. Semarang. Aneka
Ilmu
7. Umar, Abdullah.KH. tt. Risalatul
Qurra wal Huffaz. Semarang. Toha Putra
|
- Religius
- Rasa Ingintahu
- Kritis
- Gemarmembaca
|
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran,
Kepala
............................................... ........................................................
Comments
Post a Comment